KBK

Berdasarkan visi, misi dan tujuan pendidikan tersebut disusunlah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Program Studi Peternakan. Sebagai penciri Program Studi Peternakan disusunlah Struktur Matakuliah Institusional yang disesuaikan dg kebutuhan lingkungan serta ciri khas Fakultas Peternakan Unud, meliputi:

  1. Matakuliah Institusional Umum, yaitu Matakuliah institusional yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa.

  2. Matakuliah Institusional Pilihan, yaitu Matakuliah institusional yang bebas dipilih oleh setiap mahasiswa. Setiap mahasiswa mengambil 1 (satu) matakuliah institusional pilihan yang disesuaikan dengan penelitian atau judul skripsi yang dibuat.


Secara keseluruhan, KBK Fapet Unud ini terdiri atas Kurikulum Inti sebagai penciri dari kompetensi utama, dan Kurikulum Institusional sebagai penciri dari kompetensi pendukung dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama.  Kurikulum Inti maupun Institusional terdiri atas 5 kelompok mata kuliah yaitu :

  1. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK),

  2. Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK),

  3. Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB),

  4. Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB),

  5. Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).


Beban studi Program Studi Peternakan ini (Strata Satu = S1) sekurang-kurangnya 145 SKS dan sebanyak-banyaknya 160 SKS yang dijadwalkan selama 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selambat-lambatnya 14 semester.


KBK Program Studi Peternakan ini terdiri atas Kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional dan Tugas Akhir (Skripsi) dengan rincian beban studi sebagai berikut:

  1. Kurikulum Inti untuk kompetensi utama 96 SKS (66,21% dari total 145 SKS).

  2. Kurikulum Institusional untuk kompetensi pendukung 47 SKS (32,41%dari total 145 SKS).

  3. Kurikulum Institusional untuk kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama 2 SKS (1,38% dari total 145 SKS).