Gaet Pengusaha Milenial, Fakultas Peternakan Sukses Menggelar Kuliah Umum Kewirausahaan

Fakultas Peternakan Universitas Udayana mengadakan Kuliah Umum Kewirausahaan dengan mendatangkan pengusaha muda CEO Cau Chocolates Bali Kadek Surya Prasetya Wiguna,SE pada Jumat 4 Desember 2020. Dalam segala keterbatasan jarak, acara sukses dilaksanakan via cisco webex dengan peserta berjumlah 200 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa kewirausahaan dari berbagai universitas se-Indonesia. 

Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, MS dalam sambutannya sangat mengapresiasi acara kuliah umum ini. Kuliah umum kewirausahaan merupakan salah satu implementasi dari visi Fakultas Peternakan Universitas Udayana yaitu menghasilkan lulusan berjiwa wirausaha. Ini merupakan kegiatan berbasis indikator kinerja utama dari dekan, rektor, dan kementrian dan ini harus dijaga, ujar Tirta Ariana.

Dengan didatangkannya inspirator sekaligus motivator memberikan motivasi kepada mahasiswa sehingga output yang dihasilkan ada (mahasiswa yang berjiwa wirausaha). Ini merupakan cita-cita atau rencana daripada Fakultas Peternakan yang mentargetkan terciptanya mahasiswa berwirausaha, mengutip sambutan Dekan Fakultas Peternakan.

Dimana pun alumni kita berada ketika dilepas di laut kehidupan yang baru, anda bisa berenang. Anda bisa meraih kehidupan dengan ilmu yang diterima di kampus ungu ini, tambahnya.

Acara ini mengambil tema Wirausaha Muda Kreatif dan Inovatif, Meraih Peluang di Era Pandemi COVID-19. Tema tersebut diambil karena melihat situasi pandemi yang mengakibatkan banyak usaha yang harus gulung tikar. Sejalan dengan hal tersebut, ketua panitia Yusuf Bakhtiar Dwipayana dalam sambutannya sangat berharap setelah kegiatan ini para peserta bisa berpikir lebih kreatif dan mengambil peluang dalam situasi sulit ini. 

Kami selaku panitia kuliah umum kewirausahaan ini berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran dan memotivasi  peserta akan pentingnya memiliki mindset entrepreneur yang kreatif, inovatif serta pandai memanfaatkan peluang bahkan di tengah situasi pandemi saat ini, ujar Yusuf.

Kuliah umum kewirausahaan ini dilaksanakan sebagai bagian dari Matakuliah Kewirausahaan yang diampu oleh Dr. Ir. Budi Rahayu Tanama Putri, S.Pt.,MM.,IPM.,ASEAN.Eng; Dr. Ir. Ni Wayan tatik Inggriati,MP; dan Ir. I Gede Suarta, M.Si. Acara ini sukses digelar dengan aktifnya interaksi antara peserta dan narasumber. Materi, cerita, dan motivasi yang diberikan oleh narasumber sangat berguna bagi peserta dan panitia yang hadir. Dengan dilaksnakannya kuliah umum ini, diharapkan mampu menumbuhkan jiwa wirausaha, dan memotivasi  mahasiswa untuk terjun kedunia bisnis. (nik)